Minggu, 19 Agustus 2018

Pencerahan


Pencerahan
Dalam hidup, manusia butuh pencerahan. Pencerahan adalah momen dimana hidup manusia mengalami titik balik menuju puncak. Dari yang sebelumnya tidak baik menjadi baik. Hal ini sudah dialami oleh beberapa orang atau bahkan beberapa kaum.
Ada kisah tentang seorang ulama bernama ibnu hajar. Dia sudah belajar selama 40 tahun namun belum juga pintar. Akhirnya dengan putus asa dia pulang kampung. Di tengah jalan turun hujan dan ia pun berteduh. Saat berteduh ia melihat ada sebuah batu besar yang di bagian tengahnya berlubang. Setelah ia teliti ternyata lubang di batu besar itu disebabkan oleh air hujan yang menetes tepat di bagian tengahnya selama bertahun-tahun. Akhirnya ia menemukan pencerahan bahwa batu saja bisa dilubangi dengan air apabila dilakukan secara kontinyu dan terus menerus apalagi akal. Akhirnya ia kembali belajar karena yakin dengan ketekunan pasti suatu saat akalnya akan terbuka dan menerima ilmu pengetahuan. Dan benar, beberapa lama kemudian ia menjadi seorang alim dan ulama besar di jamannya.
Begitu pula dengan beberapa kaum. Misalnya suku Arab di timur tengah yang tadinya maerupakan masyarakat yang tidak maju. Kemudian setelah berkembang ajaran Islam yang dibawa Nabi Muhammad SAW menjadi bangsa yang maju. Juga kaum bani Israil yang tadinya dijadikan budak dan  pekerja oleh bangsa mesir kemudian dimerdekakan oleh Nabi Musa AS dan menjadi bangsa yang besar. Juga bagaimana revolusi industri telah mengubah Inggris menjadi negeri yang modern.
Bagaimana cara mendapat pencerahan? Ada beberapa cara untuk memperoleh pencerahan, diantaranya adalah :
1.       Mempelajari Kitab Suci
Dengan mempelajari kitab suci, kita akan menemukan banyak ayat-ayat atau firman yang menunjukan kepada kebaikan.
2.       Mendapat guru spiritual yang baik
Guru spiritual yang baik bisa merupakan ustad, atau kyai, atau habib khususnya yang beragama Islam. Untuk yang non muslim bisa mencari guru spiritual yang lain. Namun dalam mencari guru spiritual harus berhati-hati dan mencari yang sudah diakui ketinggian spiritualnya misalnya para guru sufi atau mursyid tarekat. Di Indonesia ada banyak guru tarekat yang sudah diakui, misalnya Habib Lutfi bin Yahya di Pekalongan, KH Munif Muhammad Zuhri dari Girikusumo Demak, Kyai Dzikron Abdullah dari Semarang, dan lain sebagainya. Ingat harus ulama yang sudah diakui, jangan sampai belajar dari Dimas Kanjeng, Lia Eden dan sejenisnya.
3.       Belajar filsafat
Banyak pelajaran filsafat yang baik. Ini dapat mengubah pemikiran dan mindset kita.
4.       Berkeliling dunia
Berkeliling dunia dan melihat bagaimana peristiwa terjadi dapat memberi inspirasi bagi kita
5.       Ikut seminar dan pelatihan
Banyak seminar yang bisa mengubah mindset. Misalnya seminar keajaiban rejeki, seminar cara gila jadi pengusaha dan lain sebagainya
6.       Meditasi
Dengan bermeditasi kita akan merasa tenang dan dapat berpikir jernih

7.       Mujahadah
Mujahadah dapat dilakukan dengan melakukan ibadah secara terus menerus dan istiqomah sehingga mendapatkan anugerah berupa terbukanya hati kita.
Untuk pencerahan bagi suatu masyarakat dapat dilakukan dengan cara:
1.       Menemukan pemimpin yang baik
Beberapa masyarakat dapat mengalami pencerahan setelah mendapat pemipin yang baik. Misalnya masyarakat Arab yang menjadi baik setelah dipimpin Nabi Muhammad SAW. Masyarakat Bani Israil yang menjadi baik setelah dipimpin Nabi Musa AS dan kemudian menjadi maju saat dipimpin Nabi Daud AS. Bangsa Indonesia menjadi merdeka setelah muncul pemimpin besar seperti Bung Karno dan Bung Hatta. Turki yang maju setelah dipimpin Mustafa Kemal Atataturk. Pemimpin bisa saja seorang raja, presiden, atau pemimpin agama.
2.       Memperoleh pengetahuan baru
Pengetahuan juga dapat mengubah masyarakat. Misalnya masyarakat Eropa yang berkembang menjadi maju setelah ada renaissance. Juga masyarakat Inggris setelah ada revolusi industri. Masyarakat sekarang ini juga dapat menjadi maju dengan adanya Revolusi Industri 4.0 yaitu perkembangan teknologi informasi seperti internet dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar